Pengenalan TIK & Perangkat Komputer

Posted: July 17, 2012 in Teknologi Informasi

Dasar-Dasar TIK

Pengertian Teknologi Informasi

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan teknologi informasi?

Apakah teknologi informasi itu identik dengan komputer? Apakah benar telepon seluler juga merupakan bagian teknologi informasi? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu sering dilontarkan, kita dengar, dan untuk menemukan jawabannya kita perlu memahami pengertian teknologi informasi itu sendiri.

Teknologi informasi (Information technology) biasa disebut TI atau IT. Berbagai definisi tentang informasi seperti tabel definisi teknologi berikut ini memberi gambaran lebih lanjut tentang teknologi informasi.

Dari definisi tersebut terlihat bahwa teknologi informasi tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi telekomunikasi. Dengan kata lain, yang disebut teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.

Penjelasan atas dua teknologi yang mendasari teknologi informasi adalah sebagai berikut :

Teknologi Komputer

Teknologi yang berhubungan dengan komputer, termasuk peralatan-peralatan yang berhubungan dengan komputer seperti printer, hardisk, flopy drive, CD-ROM, LCD Projector dan sebagainya.

Komputer adalah mesin serba guna (perangkat elektronik) yang dapat dikontrol olehprogram, digunakan untuk mengolah data menjadi informasi.

Program adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya.

Data adalah bahan mentah bagi komputer yang dapat berupa angka, gambar maupun suara.

Informasi adalah bentuk data yang telah diolah sehingga dapat menjadi bahan yang berguna untuk pengambilan keputusan.

Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Yang termasuk dalam kategori teknologi informasi adalah telepon, radio, televisi, dan Internet.

Peralatan-peralatan pada Sistem TIK adalah seperangkat alat yang membantu bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan proses informasi. Misalnya alat-alat seperti komputer (PC / Notebook), Intranet, internet, Radio, Telepon, Televisi, Printer, LCD Projector, dan lain-lain.

Perkembangan teknologi telah membawa perubahan besar terhadap tatanan dan cara hidup manusia. Setiap jenis pekerjaan dituntut untuk dapat dikerjakan dengan cara yang cepat dan tepat dan solusi terbaik adalah penggunaan Teknologi Informasi
Komputer sebagai salah satu perangkat pendidikan. Perkembangan teknologikomputer berimplikasi terhadap penyiapan tenaga kerja yang siap untuk menggunakan  teknologi ini. Pendidikan, utamanya pada SMP (Pendidikan Dasar 3 tahun terakhir) bertujuan untuk menghasilkan peserta didik/siswa terlatih di bidang pengetahuan komputer, mengembangkan bakat dan minat keterampilan komputer, dan dapat melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi ataumemanfaatkan teknologi ini untuk bersaing di dunia kerja

Layanan KBM TIK Snesa-LA

  • Membimbing Peserta didik dalam mengembangkan bakat dan minatnya terhadap Teknologi Informasi, Komunikasi dan Elektronika
  • Mengarahkan Peserta didik dalam mengembangkan bakat dan minatnya terhadap Teknologi Informasi, Komunikasi dan Elektronika
  • Melatih Peserta didik dalam mengembangkan bakat dan minatnya terhadap Teknologi Informasi, Komunikasi dan Elektronika
  • Mengembangkan bakat dan minat Peserta didik terhadap Teknologi Informasi, Komunikasi dan Elektronika

Spesifikasi Layanan KBM / PBM

  • Teknologi Informasi dan Komunikasi : (1). Pemahaman dasar-dasar komputer melalui bimbingan, analisa, dan praktikum, (2). Pemahaman pemanfaatan aplikasi perkantoran melalui bimbingan, analisa, dan praktikum, (3). Pemahaman teknologi informasi, komunikasi melalui bimbingan, analisa, dan praktikum.
  • Teknologi Elektronika : (1). Pengenalan dan pemahaman dasar-dasar kelistrikan melalui bimbingan, analisa, dan praktikum, (2). Pengenalan, pemahaman manfaat komponen-komponen elektronika melalui bimbingan, analisa, dan praktikum, (3). Pengenalan, pemahaman, manfaat alat-alat praktik melalui bimbingan analisa, dan praktikum, (4). Pengenalan, pemahaman, pembuatan perangkat elekronika melalui bimbingan, analisa dan praktikum

PERANGKAT KOMPUTER DAN FUNGSINYA

Perangkat Komputer dapat diartikan sebagai sekumpulan benda atau alat yang bekerja menurut fungsinya masing-masing dalam sebuah komputer untuk mencapai sebuah hasil dari komputer tersebut.

Pendapat masyarakat awam kebanyakan masih mengartikan komputer tersebut hanyalah model komputer PC (Portable Computer) atau Laptop saja. Padahal yang di mahsud komputer sesungguhnya adalah alat yang alat dipakai untuk mengolah informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan.

PC terdiri dari beberapa komponen Utama yaitu :

1. Input Device
adalah perangkat – perangkat sebagai penginput data yang akan diolah dalam komputer, seperti data gambar, teks, audio, video, database dll.

Macam-macam Input Device :

– Keyboard adalah sebuah papan(board) yang berisi serangkaian huruf, angka dan simbol2 yang memiliki peranan tersendiri dalam proses penginputan.


– Scanner (flat, hand, scan bar dll) adalah Alat untuk memindah data hardcopy menjadi digital.


– Kamera


– Handycame


– Microphone

dll

Mungkin anda akan bertanya, bagaimana dengan mouse? Mouse adalah alat yang digunakan untuk mempermudah user dalam mengolah data pada PC.
Maka mouse masuk dalam perangkat input, hal yang diinput mouse adalah perintah.

2. Processing Device
– CPU (Central Processing Unit) adalah perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Dalam CPU komputer PC terdapat banyak komponen, antaralain sbb:

a. Optical Drive. Berfungsi untuk membaca disk video digital.
– Bagian – bagian Optical Drive :


b. Floopy Drive. Berfungsi membaca dan menulis data ke Floopy Drive.

– Bagian-bagian Floopy Drive :


c. Hard Disk Drive. Berfungsi untuk membaca dan menulis data ke disk tetap.


d. PATA Cable. Berfungi menghubungkan drive ke motherboard.


e. SATA Cable. Berfungsi untuk menghubungkan SATA drive (ex. Hard disk) ke motherboard.

f. RAM. Berfungsi sebagai penyimpan data sementara oleh CPU.


g. Heat Sink Fan. Berfungsi sebagai kipas pendingin.


h. Power Supply. Berfungsi untuk mengkonversi listrik AC dari stopkontak ke dalam daya DC untuk komputer. Sehingga pada saat listrik mati PC masih tetap dapat menyala sementara dengan memakai daya dari Power Supply. Power Supply bukan perangkat wajib untuk sebuah PC tapi alangkah baiknya jika pada PC dipasang Power Supply, jaga-jaga jika listrik padam mendadak.


i. Mother Board. Motherboard adalah papan utama yang menghubungkan semua komponen komputer.

Motherboard_atas

Motherboard_samping

j. Video Adapter Card. Berfungsi sebagai penyedia kemampuan video pada komputer.

VGA_card

k. NIC. Berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan network.

NIC_card

l. Wireless NIC. Berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan jaringan wireless.

Wireless_NIC_card

3. Output device
– Monitor adalah sebuah layar untuk menampilkan data atau aktivitas yang dilakukan oleh user.

Monitor

– Speaker (taulah ini buat apa’an?) untuk menyajikan output suara.


– Printer


– Headset

dan lain-lain.

Semoga bermanfa’at, salam cerdas!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s