Cara Protect Cell/Coloumn/Rumus Ms Excel

Posted: December 25, 2012 in Microsoft Office Excel

excel_icon1Seringkali kita perlu mem-protect cell/coloumn/rumus excel untuk keamanan data, atau mungkin agar rumus yg sudah capek-capek kita buat tidak dapat dilihat atau terdeteksi atawa diotak-atik oleh orang lain ketika membuka file yg kita buat :)
Saya tidak akan membahas hukum hal tersebut, karena hal tersebut mungkin akan terkesan pelit ilmu karena rumus-rumus pada file excel yang sudah kita buat tidak bisa dilihat atau terdeteksi oleh orang lain.

Alaah, masa bodoh dengan pemikiran orang lain ya sob, yang penting data kita tidak terotak-atik. hee
Ok lah, langsung ajah ke langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah blok sel yang akan kita sembunyikan rumusnya.
  • Pilih Format>Cell, pilih tab Protection.Aktifkan Locked untuk menguncinya dan Hidden untuk menyembunyikannya lalu klik OK.
  • Pastikan sel lain tidak ikut terkunci agar kita sewaktu-waktu bisa merubah data yang telah ada (Locked tidak aktif, karena default-nya Locked aktif) yaitu dengan memblok semua sel yang tidak akan dikunci. Kemudian jangan aktifkan Locked dan Hidden.
  • Pilih Tools>Protection>Protect Sheet…. Akan muncul kotak dialog Protect Sheet. Aktifkan Contents, kemudian ketik password yang akan digunakan, lalu OK. Muncul dialog Confirm Password untuk memastikan. Ketik kembali password yang sama, lalu OK. Dan, sim salabim… rumus akan menghilang dengan tiba-tiba.
  • Untuk memunculkannya kembali, pilih Tools>Protection>Unprotect Sheet…. Ketik password-nya, lalu OK. Dan, abrakadabra… rumus akan muncul kembali.

Yang perlu Anda perhatikan, password harus selalu diingat karena bila lupa kita tidak bisa unprotect atau memunculkan rumus tersebut. Untuk menjaganya, kita bisa membuat daftar password pada file atau dokumen terpisah (ribet amat yow, makanya orang pelupa ataba pikun itu susah dan menyusahkan sob! hee)

Ok, itu saja ulasan kali ini tentang cara mem-protect cell/coloumn/rumus pada Ms Excel. Semoga Bermanfaat yoah!
Silahkan tinggalkan pertanyaan jika masih bingung atau gak mudeng! :D

Comments
  1. […] 17.     Memberi PROTECT  pada shet, supaya shet kita aman, tidak   diganggu gugat, dan tidak bisa dirobah. […]

    • Kawah You says:

      Yup, betol..betol..betol..
      Jangan sampe ada orang yg merubah formula ataba rumus pada file excel yg Qta buat, entah karena kepencet atawa unsur kesengajaan dari orang2 yg jahil ya Sob! :D

  2. Hi, you have a great website. If you want to Get Unlimited Supply Of High PR Backlinks And Laser Targeted Traffic From Major Bookmarking Sites… All Done In Minutes On Autopilot! Check out http://bookmarkingdemonx.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s