CARA MEMBERI NOMOR HALAMAN PADA MAKALAH

Posted: January 18, 2015 in Microsoft Office Word

Assalamu’alaikum. Kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara memberi nomor halaman pada makalah atau skripsi. Untuk bagian judul atau cover dalam suatu makalah kita tidak menggunakan nomor halaman. Biasanya yang tidak mengetahui ilmunya akan memisahkan bagian judul, kata pengantar dan isi dari makalah. Padahal semua itu bisa digabungkan dalam satu dokumen MS Word. Berikut ini adalah langka-langkahnya :

1. Gunakan ‘Page Number’ untuk setiap halaman.

2. Setelah itu untuk bagian yang tidak ingin diberi halaman letakkan kursos pada bagian paling bawah dari halaman tersebut.

3. Setelah itu klik ‘Page Layout’, lalu klik ‘Break’.

4. Setelah itu pilih ‘Next Page’ pada pilihan yang tersedia pada ikon ‘Break’ tersebut.

Image

5. Lalu doble klik bagian Footer dari halaman tersebut. Jika langkah kita benar maka pada halaman yang akan dihilangkan nomornya akan terdapat tulisan ‘Footer section 1’ dan pada halaman di bawahnya akan terdapat tulisan ‘Header section 2’.

Image6. Kemudian hapus nomor halaman pada bagian judul atau pada bagian yang tidak ingin diberi nomor. Saat kita menghapus nomor halaman tersebut otomatis nomor halaman yang berada di halaman- halaman berikutnya akan ikut terhapus juga.

7. Pada halaman berikutnya double klik pada halaman tersebut. Nonaktifkan pilihan ‘Link to Previous’ yang terdapat pada menu ‘Design’.

Image8. Lalu pilih ‘Page Number’. Biasanya setalah halaman judul terdapat halaman Kata Pengantar yang menggunakan angka romawi untuk penomorannya. Maka klik ‘ Format Page Numbers’ untuk mengganti format penulisan.

ImageImage

9. Pada bagian isi dari suatu makalah kita menggunakan penomoran halaman dengan angka, padahal sebelumnya untuk bagian kata pengantar menggunakan angka romawi. Untuk mengubah penomoran bagian isi tersebut kita melakukan langkah yang hampir sama dengan yang sebelumnya.

Image

10. Pada halaman sebelum bagian isi letakkan kursos pada bagian halaman paling bawah.

11. Setelah  itu lakukan seperti langkah ketiga dan keempat.

12. Setelah itu pilih ‘Next Page’ pada pilihan yang tersedia pada ikon ‘Break’ tersebut.

13. Lalu doble klik bagian Footer dari halaman tersebut. Jika langkah kita benar maka pada halaman yang akan dihilangkan nomornya akan terdapat tulisan ‘Footer section 2’ dan pada halaman di bawahnya akan terdapat tulisan ‘Header section 3’.

14. Pada halaman berikutnya double klik pada halaman tersebut. Nonaktifkan pilihan ‘Link to Previous’ yang terdapat pada menu ‘Design’.

15. Lalu pilih ‘Page Number’. Lalu klik ‘ Format Page Numbers’ untuk mengganti format penulisan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s